7 Kuliner Yang Wajib dinikmati melancong ke daerah Padang Pariaman

Jika berkunjung atau berwisata ke suatu tempat nggak lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khas daerah tersebut?

7 kuliner yang ada di kawasan Padang Pariaman.

1. Sala Lauak

Sala lauak

Sala Lauak merupakan kuliner khas dari Pariaman sejak dulunya. Kalau Dunsanak sedang berwisata di Kota Pariaman, Dunsanak bisa menjumpai makanan yang terbuat dari tepung dipadu dengan bumbu dan rempah ini di sepanjang Pantai Gandoriah. Tidak sulit menemukannya.

2. Nasi SEx

Nasi Sek Pariaman via fm-tours.com

SEK merupakan singkatan dari Seribu Kenyang. Karena dulunya nasi SEK memang dijual murah serta mengenyangkan. Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang

Kini tak ada yang berubah sih dengan Nasi SEx, baik penyajian maupun lauk pauknya masih sama, yang berubah hanya tarif saja. Untuk menikmati Nasi SEx cukup datang ke Pantai Gandoriah, karena disana banyak warung-warung makan yang menyediakannya.

3. Sate Pariaman

Sate pariaman

Sate Pariaman adalah salah satu kuliner khas pariaman yang terkenal sejak dulu. Sate Pariaman sendiri sedikit berbeda dengan Sate Padang atau Sate di daerah lain di Sumatera Barat. Kuahnya biasanya lebih merah dan rasanya yang lebih pedas. Hot!

4. Gulai Kapalo Lauak (Gulai Kepala Ikan).

gulai-kapalo-lauak

Bagi Anda yang benar-benar menyukai kuliner menu yang satu ini pantang dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pariaman. Karena gulai kapalo lauak ini terbuat dari kapala ikan tuna (bisa juga ikan lainnya) segar, dipadu dengan kuah santan yang kental.

Untuk menikmati menu yang satu ini tidak sulit kok, karena hampir setiap rumah dan warung makan di Kota Pariaman menyediakan menu ini.

5. Sarapan Dengan Nasi Sala

Nasi Sala via indonesiakaya.com

Jika selama ini Anda mengenal sala yang dibuat dari tepung beras dan bumbu yang dipadu kemudian dibulatkan, kali ada sala yang justru dibuat dengan ikan yang dibalut tepung dan digoreng.

Kuliner ini tersedia di Kota Pariaman hanya pada saat sarapan pagi dari jam 7 sampai jam 10 saja. Selain lauk pauk berupa sala, biasanya juga tersedia lauk lainnya berupa gulai tahu, samba lado dan sayur daun singkong.

6. Aneka Macam Rakik

Aneka Rakik via fsyofianjalanjalan.wordpress.com

Salah satu kuliner khas dari Pariaman adalah ‘rakik’. Rakik terbuat dari adonan tepung yang bisa dicampur dengan berbagai hasil laut seperti ikan, udang dan lain-lain. Rakik dibuat dengan cara digoreng sehingga hasilnya berbentuk seperti kerupuk dan memiliki rasa yang gurih.

7. Katupek Gulai Tunjang (Ketupat Gulai Kikil).

Jika Anda menyukai ontong sayur namu disini anda dapat mencari Katupek Gulai Tunjang, makan nya di lokasi los lambuang (tempat makan) di pasar Kurai Taji, Kota Pariaman. Karena Katupek Gulai Tunjang di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini sudah terkenal sejak dulunya.

Katupek gulai tunjang

Apalagi memasuki bulan ramadhan, maka yang paling diburu masyarakat untuk berbuka di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini adalah Katupek Gulai Tunjang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian