Silek Lanyah Ragam Silat Tua Orang Minang

silek-lanyah

Ranah Minang selain kaya akan kuliner, budaya dan keindahan alam juga kaya akan bela diri, salah satunya Silat. Ada banyak Silek (silat) di Ranah Minang seperti Silek Kumango, Silek Lintau, Silek Tuo Gunuang, Silek Pasaman dan masih banyak lagi.

Dan melihat pertunjukkan Silat mungkin menjadi sebuah tontonan yang sangat seru, tapi akan lebih seru lagi jika atraksi Silek dilakukan di lapangan berlumpur. Adalah Silek Lanyah, sebuah atraksi Silat yang bisa dilihat di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

silek lanyah minangkabau

Menurut Jufriadi tokoh masyarakat setempat, Silek Lanyah merupakan modifikasi dari Silek Tuo Gunuang yang diwariskan turun temurun dari tetua di Desa Kubu Gadang. Silek Lanyah sendiri baru dihidupkan kembali di Desa Kubu Gadang setelah desa tersebut ditetapkan menjadi Desa Wisata tahun 2014.

Dari keterangan yang diperoleh, “Silek Lanyah” merupakan Silek Tuo Asli Rang Kubu Gadang Padang Panjang. “Silek” atau Silat merupakan seni tradisi beladiri turun temurun yang ada di Minangkabau. Bermacam filosofi terkandung dalam ajarannya, begitu juga dengan teknik dan metode dalam ‘mendidik’ watak penggiatnya.

Silek Lanyah merupakan suguhan utama Desa Kubu Gadang, namun selain itu Desa Kubu Gadang masih mempunyai “Makan Baradaik” ( Makan ala adat minang ) sebagai salah satu paket wisata yang ditawarkan kepada pengunjung. Makan Baradaik sendiri mirip dengan makan bajamba hanya saja dengan skala yang lebih besar dan juga disertai prosesi adat petatah petitih sebelum dan sesudah makan.

Ada juga Makan Bagadang ( bersama ) di Tangah Sawah yang dilaksanakan setelah selesai musim panen. Kemudian tersedia juga wisata edukasi untuk anak-anak berupa pengenalan mulai dari menanam padi sampai padi diproses di Heller, dan tak lupa ada juga permainan anak nagari Minangkabau.

[advps-slideshow optset=”1″]

Tradisi inilah yang kemudian kembali gencar diangkat oleh masyarakat Desa Wisata Kubu Gadang Padang Panjang setelah sempat mati suri beberapa waktu

Bagi Dunsanak yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang bisa mengakses lokasi dari Pusat Kota Padang Panjang dengan lama perjalanan 10 menit atau dengan menaiki ojek. Karena atraksi dan sajian wisata masih sesuai pesanan Dunsanak bisa menghubungi pengelola setempat Jufriadi 081363152270 atau Yuliza Zein 085263809321

Sumber : Emen.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian